Minggu, 28 Februari 2016

Perkembangan Desain Komunikasi Visual Bali

Perkembangan Desain Komunikasi Visual Bali sangat menarik untuk ditinjau kembali dalam format yang lebih sederhana. Melihat kembali, kemudian secara singkat dianalisa untuk ditulis kedalam artikel-artikel pendek. Analisa dalam penulisannya kadang cenderung lebih subjektif dari persepsi penulis, namun pandangan seperti itu bukanlah hal yang harus diperdebatkan dan ditakuti.

Menulis hasil dari pengamatan sangat menarik, mengalir seakan bertutur pada pengalaman dan mengingat apa yang pernah didapat. Perkembangan Desain Komunikasi Visual Bali menjadi salah satu objek pengamatan yang menarik. Terdapat berbagai elemen, baik itu secara teoritis desain komunikasi visual maupun konsep-konsep pengetahuan dari berbagai keilmuan.

Bali menjadi salah satu barometer perkembangan seni dan desain di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyaknya desain dari mancanegara yang masuk dan mempengaruhi perkembangan seni dan desain di Bali. Ada beberapa tokol desainer grafis barat yang tinggal di Bali untuk bereksperimen dan mencari inspirasi dalam projek desainnya.

sumber gambar: dgi-indonesia.com


sumber gambar: dreamfields.co.id


Kedua desain komunikasi visual berupa poster diatas menampilkan wajah perkembangan desain yang menandakan konsep dan teknik proses pembuatan desain. Hal tersebut sangat menonjol, hadirnya kerumitan objek yang detail dan rapi namun tetap menggunakan konsep layout yang berbeda. Penggunaan konsep budaya lokal masih kental menyelimuti desain komunikasi visual yang hadir di Bali.

Secara umum dapat dilihat, Bali yang dengan potensi budaya tradisionalnya mampu menginspirasi sampai saat ini. Desain yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi diikat dalam konsep budaya lokal dan ini merupakan suatu hal yang menakjubkan di dunia desain komunikasi visual Bali Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar